Kamis, 05 Juli 2012

0 Kajian Morfologi Kitab Bulughul Maram


MORFOLOGI DALAM KITAB BULUGHUL MARAM
(Bab Jihad, Dzikir+Doa dan Wudhu)

Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah
Dirasah Al-Hadis Al-Lughowiyah

Dosen pengampu: Drs. H. Mohammad Habib,M.Ag.




Disusun Oleh:
Muhammad Ma’sum            (08110005)





JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ARAB
FAKULTAS ADAB
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2009/2010
DAFTAR ISI

BAB I     PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang  ...........................................................................        3
2.      Identifikasi Masalah ...................................................................        3
3.      Pembatasan dan Perumusan Masalah .........................................        3
4.      Metodologi .................................................................................        4
BAB II    TEORI MAKNA MORFOLOGI
1.      Pembahasan ................................................................................        5
BAB III   KESIMPULAN ..............................................................................        8


BAB I
PENDAHULUAN

1.   Latar Belakang
Dalam penggunaan kalimah-kalimah arab tidak sedikit kita jumpai perbedaan stuktur bahasa yang berbeda. Jika dibandingkan dengan struktur bahasa arab pada umumnya. Ia tak selalu terikat oleh kaidah-kaidah gramatika seperti yang selalu dipegang oleh para pemuja gramatika atau kaum struktualis.
Biasanya kalimah atau kalam dibuat sesuai dengan konvensional (waktu yang terjadi), namun terkadang banyak juga kita jumpai contoh-contoh kalimah atau kalam yang tidak sesuai dengan waktu terjadi peristiwa tersebut.

Pada makalah ini penulis akan membahas dan menganalisis bentuk fi’il madhi yang difungsikan untuk waktu yang akan datang. Yang secara konvensional fi’il madhi menunjukkan waktu yang akan/sedang terjadi. Namun apabila bentuk fi’il madhi digunakan untuk menunjukkan waktu yang akan datang maka struktur bentuk itu tidak konvensional.
       
2.   Identifikasi Masalah
a.   Banyak kita jumpai penggunaan struktur bahasa yang tidak sesuai dengan keadaan aslinya atau waktu terjadinya peristiwa dalam suatu hadis.
b.   Penggunaan bentuk fi’il madhi dalam kalimah, namun maknanya berfungsi untuk menunjukkan waktu yang akan datang (teori makna morfologi)


3.   Pembatasan dan Rumusan Masalah
Dalam pembahasan makna morfologi ini, penulis membatasi kajian dengan menganalisis kitab hadis “BULUGHUL MAROM” dalam bab Jihad,Dzikir+Doa dan Wudhu. Adapun permasalahan yang penulis kaji dan analisis adalah sebagai berikut :
-  Apa saja contoh hadist dalam kitab Bulughul Marom ( dalam bab Jihad,Dzikir+Doa dan Wudhu) yang didalamnya terdapat penggunaan bentuk fi’il madhi yang menunjukkan waktu yang akan datang?

4.   Metodologi
Dalam kaidah tata bahasa arab terdapat penggunaan fi’il (kata kerja) yang dikondisikan dengan waktu terjadinya. Seperti kita ketahui fi’il madhi difungsikan untuk menunjukkan waktu yang telah terjadi (madhi), namun terkadang fi’il madhi digunakan untuk waktu yang akan datang (istiqbal) , yaitu apabila :
  • بمعنى الإنشاء الطلبى، نحو: رحمك الله، رضى الله عنهم ورضوا عنه
Jika suatu kalimah bermakna Insya Tholabi (yaitu suatu pengharapan) .   .
  • إذا كانت منفية ب"لا" و"ان" نحو: والله، لا شريت، والله، إن عصيت 
Jika suatu kalimah di dahului dengan alat-alat an-nafiah
  • بدخول "ان" الشريطة ومع أغلب الأدوات التى تتضمن معناه نحو: ولئن أتيت بكل أية ماتبعوا قبلتك الكتاب الذين أوتوا
Jika ada fi'il madhi yang didahului oleh huruf-huruf syartiyah.
  • مع "ما" النائبة عن الظرف نحو: أعط مادمت غنيا
Jika ada fi’il madhi yang didahului oleh ma annahiah
·         إخبار عن الأمور اذا وقعت فى سباق المستقبلة مع قصد القطع بوقوعها
Jika ada fi’il madhi yang mengandung sebuah hukium syarii atau peristiwa yang pasti akan terjadi.

BAB II
PEMBAHASAN

1.    Pembahasan Fi’il madhi yang menukjukkan waktu yang akan datang

1. إذا كانت منفية ب"لا" و"ان" نحو: والله، لا شريت، والله، إن عصيت
·       وعن معن بن يزيد قال: سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول: لا نفل إلا بعد الخمس (رواه احمد وأبو داود، وصخحه الطحاوى) 
·       وعن عمر انه سمع النبى صلى الله عليه وسلم يقول لأخرجنّ اليهود والنصارى من جزيرة العرب، حنى لا أدع إلا مسلما (رواه مسلم)
  • Dalam hadist ini, lafadz berbentuk madhi (fi’il madhi) seperti لا نفل dan لا أدع berfungsi menunjukkan waktu yang akan datang karena fi’il madhi diatas sebelumnya telah didahului dengan huruf Nafi yang berupa" "لا    yang disebut "لا نفى"   .  Dengan demikian fi’il madhi yang asal mulanya menunjukkan waktu yang telah terjadi berganti dan berubah fungsi menunjukan waktu yang akan datang.



2.  بدخول "ان" الشريطة ومع أغلب الأدوات التى تتضمن معناه نحو: ولئن أتيت بكل أية ماتبعوا قبلتك الكتاب الذين أوتوا
·       عن أبى هريرة قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم "من مات ولم يغز ولم يحدّث نفسه به مات على شعبة من نفاق" رواه مسلم.
·       ولاحمد وأبى داود من حديث أبى سعيد نحوه, وزاد "ارجع فاستأذنهما, فأن أذنا لك, وإلاّ فبرّهما.
·       وعن جبير بن مطعم رضى الله عنه أن النبي صل الله عليه وسلم قال فى اسارى بدر "لوكان المطعم بن عدى حيا ثم كلمنى فى هؤلاء النقتى  لتركتهم له (رواه البخارى)
·       عن كعب بن مالك رضى الله عنه أن النبي صل الله عليه وسلم كان أذا أراد غزوة ورّى بعيرها. متفق عليه.
  • Dalam hadist diatas, fi’il madhi mempunyai fungsi makna untuk waktu yang akan datang , walaupun aslinya digunakan untuk waktu yang telah terjadi. Hal ini terjadi karena fi’il madhi tersebut bertemu dengan adat-adat atau alat-alat syartiyyah, misalnya,من,إذا,إن  , لو dan lain-lain.

3. بمعنى الانشاء الطلبى نحو: رحمك الله و رضي الله وغير ذالك.
·       عن أبى هريرة قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم    " يقول الله تعالى : أنا مع عبدى ما ذكرنى وتحرّكت بى شفتاه" أخرجه ابن ماجه, وصححه ابن حبان,وذكره البخاريّ تعليقا.
Dalam hadist  ketiga ini, terdapat lafadh berbentuk fi’il madhi yang mengalami pergantian fungsi makna dan masa yang akan terjadi {زمن الاستقبال} . Pergantian makna ini karena lafadz yang berbentuk madhi bersamaan dengan "ما"  yang menggantikan Dhorof (makna waktu/tempat) yang terdapat pada kata ما ذكرنى  .

4 . اذا وقعت فى سياق إخبار عن الامور المستقبلة مع قصد القطع بوقوعها.
عن عمر رضى الله عنه قال:قال رسول الله صلى الله عليه وسلم   " مامنكم من أحدكم يتوضّأ , فيسبع الوضوء, ثمّ يقول : اشهد أن لا اله الا الله وحده لا شريك له , واشهد أن محمّدا عبده ورسوله, الا فتحت له أبواب الجنّة الثمانيّة, يدخل من ايّها شاء" اخرجه مسلم.
Dalam hadist terakhir ini terdapat lafadz madhi فتحت yang bukan difungsikan untuk menunjukkan masa/waktu/zaman yang sudah terjadi, melainkan difungsikan untuk masa/waktu yang akan datang. Hal ini terjadi karena fi’il madhi tersebut merupakan suatu khabar atau berita yang pasti akan terjadi pada zaman yang akan datang.
 
    

BAB III
KESIMPULAN

Dari masalah yang kami buat mengenai pembahasan teori morfologi maka kami dapat menyimpulkan beberapa hal sebagai berikut:
Fi’il madhi dapat digunakan untuk menunjukkan suatu peristiwa yang akan terjadi dalam kitab “Bulughul Marom” dalam bab Jihad,Dzikir+Doa dan Wudhu sebagai berikut:

·         Kalimah terdapat alat-alat nafiah  terdapat hadist pada urutan nomor 1316 dan 1326 dengan lafadz yang berbunyi لا نفل  dan لا أدع
·         Kalimah terdapat alat-alat syartiyah terdapat hadist pada urutan nomor 1283, 1287,1311 dan 1214 dengan lafadz yang berbunyi من مات, أن أذنا  ,  لوكان , danأذا أراد
·         Kalimah menunjukkan suatu peristiwa yang pasti terjadi terdapat hadist pada urutan nomor 26 dengan lafadz yang berbunyi فتحت
·         Kalimah terdapat huruf “ما” yang menjadi pengganti dhorof terdapat hadist pada urutan nomor 1566 dengan lafadz yang berbunyi  ما ذكرنى


0 komentar:

Posting Komentar

 

Pustaka Bahasa dan Sastra Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates