Kamis, 05 Juli 2012

0 Pengantar Studi Islam


يَابُنَيَّ أَقِمِ الصَّلوةَ وَأْمُرْ بِالمَعْرُوْفِ وَانْهَ عَنِ المُنْكَرِ وَاصْبِرْ عَلَى مَا أَصَابَكَ إِنَّ ذَلِكَ مِنْ عَزْمِ الأُمُوْرِ.
( لقمان 17)  
Terjemahannya:
Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).
Tafsirannya:
يابني أقم الصلوة وأمر
Ayat ini menjelaskan bahwa Allah memerintahkan makhlukNya untuk senantiasa mengerjakan shalat. Kata ‘shalat’ dalam ayat ini diawalkan karena shalat merupakan ibadah yang paling utama segaligus ibadah yang pertama kali dihisab dan dipertanggungjawabkan di hari kelak.
وأمر بالمعروف وانه عن المنكر
Setelah shalat, Allah swt. memerintahkan kepada makhlukNya untuk senantiasa mengerjakan kebaikan dan meninggalkan kemunkaran.
على ما أصابك
Setiap perbuatan manusia pasti terdapat resiko, baik itu berupa kebaikan ataupun kemunkaran. Oleh karena itu Allah memerintahkan makhlukNya untuk senantiasa selalu bersabar, karena dengan bersabarlah Allah swt. akan menilai sampai dimana tingkat ketaatan kita.
إن ذلك من عزم الأمور
Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).
Maksud dari ayat diatas merupakan bahwa kewajiban kita untuk bisa sempurna di sisiNya adalah dengan mendirikan shalat, mengerjakan yang baik dan meninggalkan kemunkaran, bersabar atas apa yang menimpa kita.
Semua itu sudah cukup bagi kita untuk bisa menjadi insan yang mulia di sisi Allah. Sebab apa?
Karena:
1.      Shalat
Shalat yang dimaksudkan disini bukan hanya sekedar shalat yang sifatnya bermain-main semata, akan tetapi melaksanakannya denga penuh khusyu’ dan benar. Karena hanya dengan shalat yang khusyu’ dan benarlah yang mampu membuka pintu surga, karena dalam shalat terdapat bacaan yang bermacam-macam kandungan isinya. Ada doa, janji, kesaksian dan lain sebagainya. Maka dengan demikian, di dalam Ayat ini yang pertama disebut sebagai kewajiban yaitu shalat.
2.      Amar Ma’ruf Nahi Munkar
Setelah kita berinteraksi dengan Allah melalui shalat, kita juga diwajibkan untuk berinteraksi dengan makhluk yang lain, yaitu dengan Amar Ma’ruf Nahi Munkar yang tentunya dalam hal ini sangatlah diwajibkan bagi kita semua.
3.      Sabar
Dalam berinteraksi dengan Allah dan makhluk-makhlukNya, tentunya terdapat manfaat, akibat dan resiko. Deangan kata lain kita harus selalu bersabar dengan apa yang menimpa kita. Karena dengan cobaan inilah allah menguji kesabaran kita , dan Allah menguji kita karena Allah sayang pada kita. Jadi semakin berat cobaan yang  menimpa kita, maka besar kasih sayang allah kepada kita.
Dengan beberapa hal yang tertera diatas Allah swt. telah menunjukkan hal-hal yang harus kita lakukan untuk menjadi insan yang mulia di hadapanNya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Pustaka Bahasa dan Sastra Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates